Makalah metabolisme lipid biokimia

Jika gliserol berikatan dengan 1 asam lemak disebut monogliserida, jika berikatan dengan 2 asam lemak disebut digliserida dan jika berikatan dengan 3 asam lemak dinamakan trigliserida.

Fosfolipid yang umum dijumpai adalah: Gugus pada bagian kepala struktur ini secara khas terdiri dari satu atau lebih unit gula.

Penguraian kerusakan, ketengikan lipid Ketengikan adalah perubahan kimia yang menimbulkan bau dan rasa tidak enak pada lemak. Sedangkan protein dan karbohidrat hanya menghasilkan 4 kalori tiap 1 gram protein atau karbohidrat, dan Mencegah timbulnya penyumbatan pembuluh darah yaitu pada asam lemak esensial.

Fraksi yang mempunyai titik didih yang lebih tinggi biasanya terdiri dari terpen yang mengandung 15 atom karbon, atau yang lebih besar dari itu misalnya terpen dengan 20, 30, dan 40 atom karbon atau lebih Usman, Makalah metabolisme lipid biokimia tidak memiliki rumus molekul yang sama, akan tetapi terdiri dari beberapa golongan yang berbeda.

Sedangkan HDL kolesterol atau kolesterol lipoprotein berkepadatan tinggi dikenal sebagai kolesterol baik.

Apa yang dimaksud dengan lemak fat dan minyak oil? Asam sulfat berfungsi sebagai pemutus ikatan ester lipid.

Jika gliserol berikatan dengan 1 asam lemak disebut monogliserida, jika berikatan dengan 2 asam lemak disebut digliserida dan jika berikatan dengan 3 asam lemak dinamakan trigliserida. Asam lemak tak jenuh ini masih dibedakan lagi menjadi dua kelompok besar yaitu Monosaturated Fatty Acid dimana ikatan rangkapnya hanya satu dan Polyunsaturated Fatty Acids dimana ikatan rangkapnya lebih dari satu.

Reaksi Kimia pada Lipid Lipid memiliki reaksi kimia yang khas, antara lain: Ada beberapa penggolongan lipida atara lain sebagai berikut: Sifat-sifat lipid yaitu Tidak larut dalam air, Larut dalam pelarut organik seperti eter, kloroform, dan benzene.

Berwujud cair pada suhu ruang, Tersusun dari asam lemak tak jenuh. Pada jaringan lemak, otot dan darah trigliserida akan dihidrolisis oleh enzim lipoprotein lipase dan sisa dari hidrolisis tersebut kemudian dimetabolisme menjadi LDL. Lilin wax ialah ester asam lemak dengan monohidroksi alkohol yang mempunyai rantai karbon panjang antara 14 sampai 34 atom karbon.

Keempat lingkar diberi petunjuk dengan huruf besar A, B, C dan D.

MAKALAH LIPID

Fosfolipid Glisero fosfolipid bahasa Inggris: Penyabunan Hidrolisis lemak oleh alkali disebut penyabunan. Jika dilakukan fraksionasi penyulingan terhadap minyak atsiri maka yang mudah menguap adalah fraksi senyawa terpen yang atom karbonnya sedikit, misalnya terpen dengan 10 atom karbon atau yang lebih kecil.

Apabila sel membutuhkan energi, enzim lipase dalam sel lemak akan memecah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak serta melepasnya ke dalam pembuluh darah. Tanaman menggunakan lilin untuk menghentikan penguapan air dari daun-daunnya.

Maka lemak tersebut harus dibuat larut dengan cara mengikatkannya pada protein yang larut dalam air. Terdapat beberapa jenis lipid yaitu: Jika gliserol berikatan dengan 1 asam lemak disebut monogliserida, jika berikatan dengan 2 asam lemak disebut digliserida dan jika berikatan dengan 3 asam lemak dinamakan trigliserida Sumardjo, Gliserofosfolipid dapat dibagi menurut sifat kelompok-kepala polar pada posisi sn-3 dari tulang belakang gliserol pada eukariota dan eubakteria, atau posisi sn-1 dalam kasus archaea.

Sedangkan kilomikron remnan akan dimetabolisme dalam hati sehingga menghasilkan kolesterol bebas. Prekursor senyawa sterol penting yang terdapat dalam tubuh.

Struktur Serebrosida Suarsana, Ikatan rangkap mempunyai sifat struktur yang tidak stabil dan kaku sehingga di dalam larutan dapat membuat dua isomer, yaitu cis dan trans. Lemak aldehid Aldehida merupakan senyawa organik yang memiliki gugus karbonil terminal.

Diakses tanggal 10 Oktober Related Papers. Dipakai sebagai pelindung kulit dan bulu,pelindung daun dan buah atau sebagai sekresi. Kedua gugus hidroksil pertama dari gliserol bergabung dalam ikatan ester dengan dua asam lemak, tetapi posisi ketiga ditempati oleh sebuah gugus fosfat.

Masih ada lubang kecil yang memungkinkan gas masuk dan keluar dari daun Toha, Adapun rumus struktur dan rumus molekul beberapa asam lemak dapat dilihat pada tabel di bawah ini Sumardjo, Jaringan saraf termasuk otakmengandung cukup banyak gliserofosfolipid.Berdasarkan tujuan di atas, makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menunjang materi perkuliahan khususnya materi tentang metabolisme lipid pada materi Biokimia BAB II PEMBAHASAN.

MAKALAH BIOKIMIA LIPIDA Digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah biokimia yang dibimbing oleh Dr. Arie Sri N.

Oleh: Merry Hastyani () Arini Nur Indah.L () Alfiatus Rizky () Aprilia Ratna Ningsih ( Makalah BIOKIMIA “ LIPID DAN FUNGSINYA “ OLEH: MISWANDI TENDRITA (A1C2 10 ) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI KATA PENGANTAR Assalamu΄Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Taufik Author: March 19, Makalah biokimia lipid 1.

[BIOKIMIA LIPID] [Pick the date] K h a y y u H a n i f a h / 6 4 1 1 4 1 3 0 9 4 Page 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Lipid adalah biomolekul yang tidak larut di dalam air, karena lipid umumnya merupakan molekul yang memilikigugs non polar, sedangkan air merupakan molekul yang memiliki gugus polar.

Denganmempelajaribiokimia tentang lipid bagaimana penyimpanan,pengangkutan,dan metabolisme dari lipid serta gangguan yang terjadi dalam festival-decazeville.comh membaca makalah ini pembaca diharapkan dapat menerapkan di dalam dunia festival-decazeville.com: A.R.

Dalam Biokimia, Lipida mempunyai fungsi, memiliki sifatnya tersendiri, lipida juga dibagi dalam beberapa bagian, dan lipida sangat bermanfaat bagi manusia. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menyusun sebuah makalah mengenai festival-decazeville.com: Taufiq Abdullah.

Makalah metabolisme lipid biokimia
Rated 5/5 based on 96 review