Berat badan itik alabio jantan

Persiapan Sarana dan Peralatan a.

6 Jenis Bebek Petelur Ungulan Terbaiik Untuk Dibudidayakan

Telur dan daging itik Alabio merupakan komoditi yang dapat memberikan keuntungan besar. Cokelat kuning keabuan, bintik putih diseluruh badan. Pemberian pakan pada umur dibawah 6 bulan tersebut pakan tidak boleh sampai kosong, pakan harus selalu ada dalam kandang.

Kandang lantai setiap kandangnya terdapat 10 petak, sementara di kandang panggung terdapat 10 — 12 petak per kandang dan untuk kandang baterai, setiap petaknya diisi oleh 42 ekor itik dengan perbandingan jantan: Jenis bebek ini dapat dijadikan salah satu pilihan untuk usaha itik petelur.

Permintaan produk yang meningkat, perlu diimbangi dengan penyediaan bibit itik yang berkualitas dalam jumlah besar dan berkelanjutan, untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi. Bentuk kepala kecil 5.

Ada bulu ekor yang melengkung ke atas. Berasal dari Mojosari, Jawa Timur. Setelah umur 7 bulan produksinya mulai stabil dan banyak.

Keunggulan Jenis Itik Petelur Mojosari Dan Alabio

Tulang atau tanduk, untuk membuat tepung tulang dan bahan gelatin. Warna bulu kemerahan variasi coklat kehitaman, Warna paruh dan kaki hitam 2. Pakan yang diberikan menentukan kualitas produksi telur itik Alabio yang dihasilkan serta keamanan produk asal ternak itik.

Berat badan bobot badan itik alabio dewasa atau umur 6 bulan pada betina 1,60 kg dan jantan 1,75 berat badan itik alabio jantan.

Kepala kecil mungil, matanya bersinar terang, terletak di bagian atas dari kepala. Paruh kuning sampai kuning jingga dengan bercak hitam pada bagian ujung. Ciri-ciri itik Mojosari, antara lain: Ukuran telur itik bali tergolong kecil, beratnya sekitar 59 gram per butir.

Berat badan bobot badan betina umur 6 bulan 1,60 kg dan jantan 1,75 kg. Itik Alabio Sekilas Tentang Keunggulan Itik Alabio Sudah lama itik alabio dipilih untuk dijadikan usaha ternak oleh banyak peternak, ini dikarenakan,berbagai keunggulan dan keuntungan yang dihasilkan bila dibandingkan dengan itik yang lain yaitu selain menghasilkan telur dengan hasil signifikan juga menghasilkan daging yang banyak dicari karena kelezatannya dan mengandung protein yang kaya yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh kita semua.

Yang jelas berasal dari itik liar, dan merupakan itik tipe petelur Rasyaf, Apabila itik alabio dipelihara sebagai hewan ternak maka makananya di sesuaikan dengan kebutuhan tubuh yang dperlukan oleh itik ini dan jenis makanan di bagi menjadi dua yaitu: Pertama bertelur umur 24 Minggu dengan berat pertama bertelur 1.

Masa bertelur itik alabio terbagi manjadi 3 tahap, yaitu: Saleh Puspo. Anas Plathycus Borneo 2. Posisi badan tidak terlalu tegak dengan sudut kemiringan 60 derajat. Pada paruh kaki dominan warna hitam.

Kebutuhan produksi bibit dalam jumlah besar, tidak dapat dipenuhi dengan pemeliharaan itik secara tradisional, melainkan harus dilakukan intensif.

Sayap rapat pada badan dan ujungnya tersusun rapih di atas pangkal ekor. Tabel 1. Produksi telurnya berkisar Masa bertelur Kedua tersebut selama 7 bulan, dilanjutkan dengan masa non produktif 3 bulan. Anferiformes Famliy: Tempat makan harus dicegah jangan sampai tercecer atau tercemar jamur.

Bulu leher bagian belakang coklat. Bulu dada coklat.2 Grafik pertumbuhan bobot badan itik Alabio yang dipelihara berdasarkan jenis kelamin dan bobot tetas kecil, sedang dan besar 7 3 Grafik pertambahan bobot badan jantan, betina dan.

Usaha budidaya itik Alabio sebagai itik petelur, memiliki potensi yang menggiurkan dengan tingkat produksi telur itik Alabio sendiri cukup bagus yaitu berkisar antara butir per tahunnya dengan berat rataan berkisar 70 – 80 gram.

Selain itu, pertumbuhan berat badan itik Alabio tergolong cepat. Kemungkinan itik alabio adalah hasil persilangan antara itik peking dengan itik lokal, hal ini terbukti adanya kemiripan seperti, sikap dan bentuk badan, bentuk leher, bentuk kepala, warna kaki dan paruh yang sama-sama kuning, akan tetapi ukuran itik alabio lebih kecil dari itik peking (Rahardi dan Kastyanto, ).

Secara tradisional, itik alabio dipelihara di daerah rawa yang banyak terdapat. Berat badan itik dewasa rata-rata 1,7 kg Itik Mojosari adalah itik petelur yang sering di budidaya oleh para petani karena produksi telurnya banyak. Budidaya itik ini menguntungkan karena mudah dalam pemasaran dengan telurnya besar dengan rasa telur enak.

Berat badan bobot badan betina umur 6 bulan 1,60 kg dan jantan 1,75 kg. Produksi telur rata-rata butir/ekor/tahun.

Berat telur rata-rata g/butir Warna kerabang telur putih kehijauan.4,5/5. Itik ini hasil dari persilangan itik Kalimantan dengan itik Peking (itik pedaging). Dulu hewan unggas ini merupakan itik liar yang mempunyai nama itik banar atau itik bujur, mempunyai nama alabio diberikan oleh seorang ilmuan yang bernama drh.

Berat badan itik alabio jantan
Rated 5/5 based on 13 review